Header Ads

Ini Dia Penyebab Payudara Sering Nyeri

newswoow - Ada berbagai penyebab nyeri pada puting payudara. Termasuk di antaranya, gesekan hingga gejala penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai seperti kanker.


Intensitas rasa nyeri juga beragam. Ada yang sekadar terasa tidak nyaman, hingga nyeri yang menusuk disertai rasa gatal.


Ada kalanya, nyeri semacam itu akan hilang dengan sendirinya. Namun perlu juga diwaspadai jika mengarah pada gejala penyakit tertentu.


Namun, dikutip dari Medical News Today ini 5 kemungkinan penyebab nyeri pada puting payudara.

Gesekan merupakan alasan paling umum penyebab nyeri pada puting. Gesekan terjadi jika selama berolahraga memakai bra yang tidak pas atau terlalu ketat sehingga kulit menjadi kering dan seringkali dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam.


Saat berolahraga dengan waktu yang lama, puting akan mengalami gesekan yang lebih lama. Oleh sebab itu untuk mencegah rasa nyeri disarankan untuk memakai plester pada puting selama berolahraga.


Puting yang terluka akibat gesekan, alergi, atau berdarah saat menyusui memiliki risiko infeksi yang lebih tinggi. Infeksi jamur menyebabkan kerusakan jaringan kulit di sekitar puting. 

Jika seseorang terkena infeksi, maka puting akan berubah warna menjadi merah muda dan seiring waktu menjadi kemerahan. Kadang disertai demam yang membuat payudara terasa hangat saat disentuh dan puting akan mengalami pembengkakan.


Aktivitas seksual dapat menjadi penyebab dari nyeri puting payudara. Gesekan tubuh atau aktivitas seksual yang melibatkan puting susu dapat menyebabkan rasa sakit. Nyeri ini biasanya bersifat sementara dan beberapa hari nyeri puting akan hilang.

No comments

Powered by Blogger.