Header Ads

Kandungan Dalam Buah Tin

Kandungan Dalam Buah Tin
Buah tin/ara kaya akan kandungan nutrisi, baik yang berupa vitamin, mineral maupun juga antioksidan, yang sangat bagus untuk kesehatan. Tak heran jika buah ini menjadi kesukaan Nabi Muhammad SAW. Buah Tin dipercaya sebagai buah dari surga yang menyehatkan sekaligus mampu menghilangkan racun berbahaya pada tubuh manusia.

Sehubungan dengan berbagai khasiat buah tin/ara ini, Dr. Oliver Alabaster, Pengarah Institut Pencegahan Penyakit di George Washington University Medical Centre menyatakan bahwa jika seseorang menkonsumsi buah ara/tin, sebenarnya telah mendapatkan makanan yang menjamin kesehatan dirinya dalam jangka panjang. Maka tidak heranlah jika buah ara/tin disebut oleh pakar-pakar makanan pada saat ini sebagai makanan Nutraseutikal (functional food), karena buah tin/ara bukan sekedar mengandung zat-zat yang berkhasiat, bahkan lebih dari itu juga bermanfaat sebagai penjaga tubuh dan mampu mencegah serangan penyakit-penyakit tertentu.
Disamping itu, Lembaga Penasehat Buah Tin di California (California Fig Advisory Board) telah mengatakan buah tin/ara sebagai “Nature’s most nearly perfect fruit”, yaitu buah yang paling mendekati tahap kesempurnaan secara keseluruhan.

Namun sayangnya buah tin jarang dikonsumsi oleh masarakat Indonesia. Jika kita bertanya pada setiap orang yang kita jumpai, apakah dia pernah makan buah tin, maka bisa dipastikan sebagian besar akan menjawab belum pernah. Beberapa orang membeli buah ara ketika menunaikan ibadah haji sebagai oleh-oleh.

Karena kecilnya permintaan tentu saja jarang sekali petani yang menanam buah ara. Tak heran persediaan buah tin sangat langka di negeri kita. Kalau kita mencari buah surga ini di pasar-pasar atau supermarket/toko buah pasti akan kesulitan mendapatkannya. Kalau pun ada pastilah harganya mahal.

Walau masih jarang ditemukan di Indonesia, namun buah tin sebenarnya populer di seluruh dunia karena manfaat kesehatan dan kegunaannya untuk kuliner. Cepat atau lambat, ketika orang mulai menyadari kandungan gizinya, buah ara akan semakin banyak ditanam dan dikonsumsi oleh orang Indonesia.

Dengan kandungan nutrisi dan gizi yang begitu kaya tidak heran jika buah yang satu ini disebut-sebut dapat membantu mengatasi penyakit berat seperti jantung koroner dan kanker. Selain itu, bagi anda yang menderita susah tidur atau insomnia, anda dapat menggunakan buah tin sebagai salah satu solusinya. Buah tin atau buah ara juga baik untuk mendukung mereka yang sedang menjalankan program diet sehat.

No comments

Powered by Blogger.