Header Ads

ILMU KEDOKTERAN DI MASA DEPAN



Seperti yang telah kita saksikan, perkembangan teknologi telah menyentuh berbagai aspek kehidupan manusia, temasuk bidang kesehatan. Teknologi kesehatan diciptakan untuk memperbaiki kualitas hidup manusia baik dalam segi promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif. Pemetaan genomik pribadi (personal genomic service) dalam era personalized medicine, cetakan 3D organ tubuh (3D organ printing), serta kecerdasan buatan (artificial inteligence) merupakan beberapa contoh teknologi kesehatan yang mulai dikembangkan saat ini. Mari kita simak uraiannya satu per satu.

Pemetaan genomik pribadi (personal genomic service)
Pemetaan dan penelitian mengenai gen manusia mulai menjadi pusat perhatian sejak Watson dan Crick menemukan struktur heliks ganda DNA pada tahun 1953. Pada tahun 2003, sebuah proyek Human Genome Project yang berhasil memetakan gen manusia selesai dikerjakan. Dengan ditemukannya struktur gen tersebut, banyak ilmuwan yang memimpikan bahwa suatu saat setiap orang akan memiliki peta genetik pribadi.
Pemetaan genomik pribadi mulai dikembangkan ketika kedokteran mulai memasuki era personalized medicine. Pada era ini, ilmu dan pengobatan dikembangkan berdasarkan karakteristik genetik masing-masing individu. Dengan adanya peta genetik yang berbeda antarindividu, berbeda pula terapi yang diperoleh meskipun menderita penyakit yang sama. Sayangnya, teknologi tersebut cukup mahal sehingga tidak dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.
Berbagai inovasi muncul untuk mengembangkan pemetaan genomik yang dapat terjangkau oleh masyarakat luas. Sebuah perusahaan yang didirikan oleh Ane Wojcicki menciptakan produk yang bernama 23AndMe. Produk tersebut cukup murah karena dapat digunakan dengan biaya $99. Pada awalnya akan dilakukan pemeriksaan genomik dengan sampel air liur pengguna. Sampel tersebut akan diolah oleh laboratorium selama 6 hingga 8 minggu dan akan dihasilkan data atau profil genomik pengguna. Data genomik tersebut akan diunggah ke akun web www.23andme.com dan dapat diakses oleh pengguna sehingga dapat diketahui profil genomiknya

No comments

Powered by Blogger.