Header Ads

Arsenal vs Chelsea


newswoow - Ada sejumlah alasan mengapa kita harus percaya kali ini Arsenal akan menjadi juara Piala FA 2020. Mereka sudah mencicipi keajaiban itu satu kali saat mengalahkan Manchester City, berharap keajaiban yang sama terulang pada partai final.

Final Piala FA 2020 akan digelar di Stadion Wembley, pada hari Sabtu (1/8) malam pukul 23:30 WIB. Acara itu akan dilangsungkan tanpa kehadiran Presiden FA Pangeran William Duke of Cambridge di tribun VIP, tidak ada pengalungan medali juara di podium, serta tidak ada keluarga pemain hadir di stadion.

Chelsea memiliki kualitas rata-rata pemain lebih baik daripada Arsenal. Begitu pun The Blues finish akhir musim lebih tinggi (posisi 4) daripada The Gunners yang hanya duduk pada posisi kedelapan. Tapi jangan lupakan faktor X, determinasi para pemain asuhan Mikel Arteta itu sebagai tim underdog.

Jika logika kualitas tim menjadi alasan, bagaimana akal sehat bisa menerima Arsenal menang atas Manchester City pada partai semi final? Tim kota London yang selalu dijuluki tim spesialis gagal oleh Jose Mourinho beberapa tahun silam itu, ternyata bisa bermain sepak bola secara serius kalau mau. Mereka menang 2-0 atas anak-anak Pep Guardiola pada partai empat besar FA Cup, 19 Juli lalu.

Apa yang membuat laga semi final Arsenal vs Manchester City itu menjadi menarik adalah fakta bahwa The Gunners mencetak dua gol hanya dari dua shots on target alias peluang yang terjadi di depan gawang Emerson Moraes, selain dua serangan lain yang meleset dari sasaran. Bandingkanlah itu dengan tiga serangan on target dan 10 percobaan serangan yang membanjiri gawang Emiliano Martinez selama 90 menit. David Luiz, Shkodran Mustafi serta Kieran Tierney bekerja keras menjadi benteng The Gunners malam itu.

Itu merupakan kali ketiga The Skyblues bertemu Arsenal di ajang Piala FA dan ketiganya berakhir dengan kekalahan. Bukan hokinya Guardiola setiap kali ketemu tim merah London di ajang kompetisi piala tertua di Inggris ini.

Tahu gak bahwa kemenangan Arsenal atas Manchester City merupakan pengulangan partai semifinal FA Cup tahun 2017? Waktu itu mereka menang 2-1 berkat dua gol dari Nacho Monreal menit 71 dan Alexis Sanchez menit 101, mengapit gol dari Sergio Aguero menit 62. Dan tahu gak siapa lawan yang mereka hadapi di final? Chelsea. Pada partai puncak itu Alexis Sanchez lagi-lagi menjebol gawang lawan, sebelum Aaron Ramsey menambahkan gol kedua, mengapit gol dari Diego Costa. Skor 2-1.

Arsenal adalah tim yang terabaikan musim ini dari pembicaraan kaum elit sepak bola. Gagal menjuarai gelar apa pun, gagal lolos Liga Champions, gagal lolos Liga Europa. Jadi Mikel Arteta akan memompa semangat anak buahnya untuk merebut trofi Piala FA ini akan menjadi satu-satunya kebanggaan musim 2019/2020, selain bonus bahwa kemenangan ini akan memberi mereka tiket ke Liga Europa musim depan.

Itulah motivasi yang akan mengungguli Chelsea, yang mungkin sedikit dilanda rasa puas berlebihan setelah memastikan kelolosan ke Liga Champions musim depan, plus kedatangan dua striker: Hakim Ziyech dan Timo Werner. Serta mungkin juga: Kai Havertz.

The Blues juga mengalahkan tim yang sudah berkali-kali menaklukkan mereka musim ini: Manchester United dengan skor 1-3. Arsenal membutuhkan trofi ini untuk mengantarkan mereka ke Liga Europa musim depan. Hal ini karena, mereka hanya finish diposisi kedelapan di klasemen akhir. Jadi, mereka harus menang pada pertandingan ini untuk mencapai tujuan tersebut.



No comments

Powered by Blogger.