Header Ads

Anak Mimpi Basah, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua


newswoow - Kalau biasanya anak perempuan akan mengalami menstruasi sebagai tanda pubertas, anak laki-laki akan mengalami mimpi basah.

Lalu, apa yang bisa orang tua persiapkan ketika anak masuk masa pubertas? Bagaimana cara menjelaskan apa itu mimpi basah pada anak?

Cara Menjelaskan Mimpi Basah pada Anak


Karena belum paham apa itu mimpi basah, anak mungkin mengasumsikan cairan yang keluar dari penisnya hanyalah air pipis atau ngompol. Padahal, cairan yang keluar dari penis anak adalah cairan sperma.

Untuk mengetahui perbedaannya, peran orang tua memang dibutuhkan. Pasalnya, mimpi basah merupakan salah satu tanda anak masuk masa pubertas. Setelah menjelaskan apa itu pubertas, barulah orang tua menjelaskan perubahan-perubahan apa saja yang mungkin bisa terjadi, salah satunya rangsangan seksual saat mimpi basah.

 Jelaskan Pengertian Mimpi Basah


Sebelum anak merasakan mimpi basah, ada baiknya orang tua sudah menjelaskan tentang mimpi basah.

Ini sangat membantu anak dalam memahami perubahan yang bisa terjadi pada tubuhnya, sehingga ia bisa tahu perbedaan antara mengompol dan mimpi basah.

 Jelaskan Apa Itu Pubertas


Sebelum masuk dalam topik mimpi basah, anak harus diedukasi dulu tentang pengertian pubertas. Anda bisa menjelaskan perubahan fisik yang bisa terjadi ketika anak masuk masa pubertas.

Misalnya, perubahan bentuk badan, perubahan suara, muncul jakun pada bagian leher, dan tumbuh bulu pada area penis, kaki, tangan, dan ketiak.

Jelaskan Pengertian Seks


Orang tua juga bisa menjelaskan kalau apa yang terjadi pada mimpi itu adalah hubungan yang hanya boleh dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang sudah menikah. Anda juga bisa jelaskan risiko dan dampak yang akan diterima bila anak berhubungan seks di luar nikah.

Inilah fakta-fakta menarik seputar mimpi basah:


    Hanya Terjadi saat Tidur


Dokter Arina mengatakan mimpi basah merupakan sebuah bentuk pelepasan yang terjadi pada malam hari. Pelepasan ini juga bisa disebut nocturnal emissions, di mana mimpi basah hanya terjadi ketika anak tidur.

    Terjadi saat Masa Pubertas


Mimpi basah paling umum terjadi selama masa pubertas, karena adanya perubahan hormon saat anak masuk masa remaja. Kecil kemungkinannya bila anak akan mengalami mimpi basah saat beranjak dewasa.


    Sperma Bisa Keluar Tanpa Masturbasi


Saat mimpi basah, anak akan bermimpi tentang seks, sehingga akan ada cairan sperma yang keluar ketika kantung sperma telah penuh.

Ejakulasi ini bisa terjadi tanpa anak melakukan masturbasi atau memegang penis dengan tangannya.

    Ada Hormon Testosteron yang Memengaruhi Mimpi Basah


Ketika masuk masa pubertas, tubuh anak laki-laki akan memproduksi hormon testosteron.

Hormon ini akan membantu pembentukan sperma dan membantu anak laki-laki untuk mengalami ereksi. Jadi, hormon testosteron juga ambil bagian dalam terjadinya mimpi basah.

No comments

Powered by Blogger.