Header Ads

PREVIEW GP SPANYOL

Sudah bisa dipastikan peta kekuatan yang akan terjadi di Grand Prix Spanyol, . Pasalnya, empat joki tuan rumah berada di barisan pertama yakni  Hector Barbera, Dani Pedrosa,Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo.

Marquez (Repsol Honda) yang mencatatkan waktu 1m 43.589 detik di sesi kualifikasi. Sementara pembalap di luar Spanyol berada di barisan kedua setelah Valentino Rossi hanya terpaut 0.735 detik di belakang juara dunia dua kali di kelas utama MotoGP, yang berhasil merebut posisi pole di Sirkuit Catalunya.

Melihat skema ini sulit bagi Rossi untuk bisa merebut kemenangan kedua di musim ini. Apalagi di belakangnya terdapat Maverick Vinales yang tampil memukau di sesi latihan bebas pertama dan ketiga dengan mencatatkan waktu tercepat.

Skenario yang bisa dijalankan Rossi pada balapan seri ketujuh musim ini adalah mengambil tempat ideal di lap awal. Karena ia merasa belum beradaptasi dengan baik dengan kondisi sirkuit Catalunya.

Sekadar informasi, dalam rapat Komisi Keamanan yang dihadiri Marc Marquez, Andrea Iannone, Pol Espargaro, Jack Miller, Bradley Smith, Alvaro Bautista, Aleix Espargaro, Andrea Dovizioso, Tito Rabat dan Cal Crutchlow, disepakati untuk mengubah tata letak sirkuit. Sebanyak dua perubahan fundamental dilakukan dengan 'memangkas' rute sirkuit.

Dua rute sirkuit yang dipangkas adalah tikungan ke-11 dan 13. Karakter dua tikungan lebar itu dianggap membahayakan pembalap ketika masuk ke tikungan 12 sehingga dialihkan menjadi trek dengan karakter lambat.

"Kemarin itu tidak terlalu buruk. Biasanya motor kami sangat kompetitif di trek ini, tapi dengan memodifikasi tata letak, saya sedikit menderita. Sebab ini jauh dari yang kami harapkan. Pada akhirnya saya berada di posisi kelima di kualifikasi, yang tidak begitu buruk, tapi kami sangat khawatir untuk balapan. Karena kami berada dalam kesulitan, situasi yang sulit," sesal Rossi seperti dikutip Fox Sports.

Wajar jika Rossi mengeluhkan, karena terakhir kali ia memenangkan balapan di Catalunya pada 2009 lalu. Hasil minor pemilik nomor 46 itu yang akan menghantui Rossi selama mengaspal di lintasan yang memiliki panjang 4.727 km tersebut.

Situasi itu semakin dipersulit mengingat Lorenzo sedang mengincar kemenangan ketiga beruntun di musim ini. Kita lihat saja apakah ada juara baru dari luar Spanyol atau sebaliknya?

No comments

Powered by Blogger.